Mata Pelajaran

Muatan Kurikulum

MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari

1. Kelompok Mata Pelajaran

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional  Pendidikan pasal 6 ayat (1) menyatakan bahwa Kurikulum untuk jenis pendidikan umum, kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:

  1. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
  2. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;
  3. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;
  4. kelompok mata pelajaran estetika;
  5. kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan.

Cakupan setiap kelompok mata pelajaran disajikan pada Tabel 1. (satu), berikut:

Tabel 1. Cakupan Kelompok Mata Pelajaran

No

Kelompok Mata Pelajaran

Cakupan

1.

Agama dan Akhlak Mulia Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dimaksudkan untuk membentuk peserta didik menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia. Akhlak mulia mencakup etika, budi pekerti, atau moral sebagai perwujudan dari pendidikan agama.

2.

Kewarganegaraan dan Kepribadian Kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dimaksudkan untuk peningkatan kesadaran dan wawasan peserta didik akan status, hak, dan kewajibannya dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, serta peningkatan kualitas dirinya sebagai manusia.

Kesadaran dan wawasan termasuk wawasan kebangsaan, jiwa dan patriotisme bela negara, penghargaan terhadap hak-hak asasi manusia, kemajemukan bangsa, pelestarian lingkungan hidup, kesetaraan gender, demokrasi, tanggung jawab sosial, ketaatan pada hukum, ketaatan membayar pajak, dan sikap serta perilaku anti korupsi, kolusi, dan nepotisme.

3.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk mengenal, menyikapi, dan mengapresiasi ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menanamkan kebiasaan berpikir dan berperilaku ilmiah yang kritis, kreatif dan mandiri.

Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi dasar ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.

Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMA/MA/SMALB dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri.

Kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi pada SMK/MAK dimaksudkan untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi, membentuk kompetensi, kecakapan, dan kemandirian kerja.

4.

Estetika Kelompok mata pelajaran estetika dimaksudkan untuk meningkatkan sensitivitas, kemampuan mengekspresikan dan kemampuan mengapresiasi keindahan dan harmoni. Kemampuan mengapresiasi dan mengekspresikan keindahan serta harmoni mencakup apresiasi dan ekspresi, baik dalam kehidupan individual sehingga mampu menikmati dan mensyukuri hidup, maupun dalam kehidupan kemasyarakatan sehingga mampu menciptakan kebersamaan yang harmonis.

5.

Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SD/MI/SDLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta menanamkan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.

Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMP/MTs/SMPLB dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sportivitas dan kesadaran hidup sehat.

Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan pada SMA/MA/SMALB/SMK/MAK dimaksudkan untuk meningkatkan potensi fisik serta membudayakan sikap sportif, disiplin, kerja sama, dan hidup sehat.

Budaya hidup sehat termasuk kesadaran, sikap, dan perilaku hidup sehat yang bersifat individual ataupun yang bersifat kolektif kemasyarakatan seperti keterbebasan dari perilaku seksual bebas, kecanduan narkoba, HIV/AIDS, demam berdarah, muntaber, dan penyakit lain yang potensial untuk mewabah.

2. Struktur Kurikulum MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari

Struktur Kurikulum MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selama tiga (3) tahun mulai Kelas X (sepuluh) sampai dengan Kelas XII (duabelas). Struktur Kurikulum disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran.

Pengorganisasian kelas-kelas pada MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu kelas X (sepuluh) merupakan program umum yang diikuti oleh seluruh peserta  didik, dan kelas XI dan XII merupakan program penjurusan yang terdiri atas satu program yaitu Program Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

a. Kurikulum MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari Kelas X (sepuluh

  1. Kurikulum MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari Kelas X (sepuluh) terdiri atas 16 mata pelajaran, 2 muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel 2. (dua). Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan.
  2. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan  sebagaimana tertera dalam struktur Kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per-minggu secara keseluruhan.
  3.  Alokasi waktu satu jam  pembelajaran adalah 45 menit.
  4. Alokasi jam pelajaran pada satu minggu adalah Senin, Kamis dan Sabtu 8 (delapan) jam pelajaran. Selasa dan Rabu 10 (sepuluh) jam pelajaran. Jum’at 4 (empat) jam pelajaran.
  5. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 35 minggu. Yang terdiri dari 16,78 minggu pada semester Ganjil dan 17,33 minggu pada semester Genap.

Tabel 2. Struktur Kurikulum

MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari Kelas X

K o m p o n e n

Alokasi Waktu

Smt 1

Smt 2

A.

 Mata Pelajaran

 

1

Pendidikan Agama Islam

a.

 Al-Qur’an-Hadis

2

2

b.

 Fikih

2

2

c.

 Akidah-Akhlak

2

2

d.

 Sejarah Kebudayaan Islam

2

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

3

Bahasa Indonesia

4

4

4

Bahasa Arab

2

2

5

Bahasa Inggris

4

4

6

Matematika

4

4

7

Fisika

2

2

8

Biologi

2

2

9

Kimia

2

2

10

Sejarah

2

2

11

Geografi

2

2

12

Ekonomi

2

2

13

Sosiologi

2

2

14

Seni Budaya

2

2

15

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

2

2

16

Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

2

B.

Muatan Lokal *)

17

Bahasa Sunda

2

2

18

BTQ

2

2

C.

Pengembangan Diri **)

2

2

J u m l a h

48

48

Keterangan:
*)   Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah).
**) Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik  untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).

b. Kurikulum MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari Kelas XI dan XII

  1. Kurikulum MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari Kelas XI dan XII Program IPS, terdiri atas 13 mata pelajaran, muatan lokal, dan pengembangan diri seperti tertera pada Tabel 3. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada. Substansi muatan lokal ditentukan oleh satuan pendidikan. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler. Kegiatan pengembangan diri dilakukan melalui kegiatan pelayanan konseling yang berkenaan dengan masalah diri pribadi dan kehidupan sosial, belajar, dan pengembangan karir peserta didik.
  2. Jam pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam struktur Kurikulum. Satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimum empat jam pembelajaran per minggu secara keseluruhan.
  3. Alokasi waktu satu jam  pembelajaran adalah 45 menit.
  4. Alokasi jam pelajaran pada satu minggu adalah Senin, Kamis dan Sabtu 8 (delapan) jam pelajaran.  Selasa dan Rabu 10 (sepuluh) jam pelajaran. Jum’at 4 (empat) jam pelajaran.
  5. Minggu efektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 35 minggu. Yang terdiri dari 16,78 minggu pada semester Ganjil dan 17,33 minggu pada semester Genap.

Tabel 3. Struktur Kurikulum

MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari Kelas XI IPS dan XII IPs

K o m p o n e n

Alokasi Waktu

Kelas XI

Kelas XII

Smt 1

Smt 2

Smt 1

Smt 2

A.

Mata Pelajaran

1.

 

 

 

 

Pendidikan Agama Islam

A.

Al-Qur’an-Hadis

2

2

2

2

B.

Fikih

2

2

2

2

C.

Akidah-Akhlak

2

2

d.

Sejarah Kebudayaan Islam

2

2

2.

Pendidikan Kewarganegaraan

2

2

2

2

3.

Bahasa Indonesia

4

4

4

4

4.

Bahasa Arab

2

2

2

2

5.

Bahasa Inggris

4

4

4

4

6.

Matematika

4

4

4

4

7.

Sejarah

2

2

2

2

8.

Geografi

4

4

4

4

9.

Ekonomi

4

4

4

4

10.

Sosiologi

4

4

4

4

11.

Seni Budaya

2

2

2

2

12.

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

2

2

2

2

13.

Teknologi Informasi dan Komunikasi

2

2

2

2

B.

Muatan Lokal *)

14.

Basa Sunda

2

2

2

2

15.

BTQ

2

2

2

2

C. Pengembangan Diri **)

2

2

2

2

J u m l a h

48

48

48

48

Keterangan:
*)     Kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, yang ditentukan oleh satuan pendidikan (madrasah)
**)   Bukan mata pelajaran tetapi harus diasuh oleh guru dengan tujuan memberikan kesempatan peserta didik untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat, dan kondisi satuan pendidikan (madrasah).

 

Tulis Yang Anda Pikirkan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s