Muatan Lokal

MUATAN LOKAL
Pada MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari

Dalam rangka memelihara keterampilan dan ciri khas MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari, maka selain muatan nasional diajarkan mata pelajaran muatan lokal yang berbasis Agama Islam yaitu  Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dan berbasis daerah yaitu Bahasa Sunda.

Dasar penetapan Muatan Lokal pada MA Plus Al-Aqsha Tonjongsari adalah sebagai berikut :

1. Bahasa Sunda

Pengajaran bahasa Sunda di sekolah di samping bertujuan agar murid memiliki keterampilan berbahasa Sunda, juga diharapkan agar murid memiliki sikap berbahasa Sunda yang positif, baik sebagai kekayaan budaya nasional maupun sebagai identitas pribadinya.

Karena harapan itulah maka Pemerintah Propinsi Jawa Barat melalui Keputusan Gubernur Nomor: 423.5/Kep.674-Disdik/2006 tentang Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar serta Panduan Penysunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Mata pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda telah menetapkan bahasa dan sastra Sunda sebagai salah satu mata pelajaran muatan lokal yang wajib diajarkan di sekolah-sekolah ( dari mulai TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, sampai SMA/SMK/MA di Jawa Barat.

Diajarkannya bahasa Sunda di sekolah juga merujuk pada Kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat dan Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat No. 5 Tahun 2003 tentang Pemeliharaan Bahasa, Sastra dan Aksara Daerah, menetapkan bahasa daerah (antara lain bahasa Sunda) diajarkan di setiap jenjang pendidikan di Jawa Barat.

2. Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)

Dalam pasal 3 Undang-Undang N0. 20 tahun 2003 tentang Sistim Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dinyatakan bahwa pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggungjawab.

Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah salah satu pilar terpenting dalam upaya membangun sumber daya manusua (SDM) yang berkualitas. Karena kesempurnaan/kepribadian seseorang tidak hanya terletak pada kecerdasan intelektualitasnya (IQ) saja, tapi harus ditopang dengan kecerdasan spiritual (SQ) dan emosional (EQ).

Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan pelajaran yang wajib diikuti oleh setiap peserta didik yang beragama Islam dalam kegiatan pembelajaran intrakurikuler meliputi lima (5) aspek yaitu al-Qur’an, Ibadah/Fiqih, Keimanan/Aqidah Akhlak dan Tarikh/Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

 Baca Tulis al-Qur’an termasuk bagian tagihan kompetensi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik supaya mengenal, memahami, menghayati dan mengamalkan kandungan al-Quran. Al-Qur’an bagi umat Islam memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan seorang muslim. Oleh karena itu hendaknya peserta didik sedini mungkin sudah mulai diajarkan menulis dan membaca al-Qur’an sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid dan mahkrajnya serta diharapkan dapat memahami, kemudian mengamalkan isi ajarannya dalam setiap aktivitas keseharian.

3 responses to “Muatan Lokal

  1. suwun sudah terbantu dengan blog ini
    salam kenal dari
    MA Darul Ulum Jaken Pati Jateng

  2. MAdrasah Lebih Baik
    Lebih Baik Ke Madrasah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s